Tips Menjawab Soal TPA SBMPTN

Share on :
Tips Menjawab Soal Test Potensi Akademik (TPA)

Hari pertama ujian tulis SNMPTN yang sekarang sudah menjadi SBMPTN akan menguji Tes Potensi Akademik atau yang sering disebut TPA. Sebagai test yang menghadalkan kemampuan alamiah peserta, Test Potensi Akademik bisa dilatih, meski tidak bisa dihafal.

1. Rajin Berlatih

Sepertihalnya tes bidang study prediktif (TBSP), kamu juga bisa berlatih soal-soal Test Potensi Akademik sesering dan sebanyak mungkin untuk mengikuti test SBMPTN nanti. Latihan bisa membuat akrab dengan soal-soal SNMPTN yang lalu, kemampuan analisa juga akan meningkatkan anda mengerjakan soal.

2. Tak Perlu Menghafal Rumus

Tes angka dalam TPA tidak sangatlah sulit. Biasanya banyak soal yang bisa dikerjakan tanpa rumus matematika yang sangat rumit. Menghafal banyak rumus malah bisa membuat setres dan susah masuk pelajaran yang sudah dipelajari. Yang perlu dipersiapkan yaitu berlatih berfikir secara logis dan terstruktur. Caranya dengan berlatih menjawab soal-soal TPA sebanyak mungkin, maka nanti dengan sendirinya anda bisa faham semua soalnya.

3. Konsentrasi Penuh

Mengerjakan soal TPA membutuhkan konsentrasi penuh. Tapi, janganlah khawatir...harus rileks juga dan santai. Tak usah tegang, hal ini hanya akan menguras energi otak anda secara cepat. Kepanikan juaga akan membuatmu ceroboh dalam bertindak. Sooo, rileks dan konsentrasi aja..pasti bisa..!!

4. Tidak Usah Terlalu Penasaran

SBMPTN | Tentang SBMPTN | Tips Mengerjakan SBMPTN | Berita SBMPTNSoal yang membuat penasaran memang selalu membuat kita semakin tertantang. Terutama pad jenis soal numerik. Namun, rasa penasaran itu bisa membuat waktu kita semakin berkurang hanya untuk menjawab satu soal yang belum tentu bisa anda kerjakan.
Tak hanya itu, dengan memusatkan hal kesoal yang buat penasaran , energi anda juga akan berkurang secara signifikan. Belum lagi emosi meningkat jika belum bisa menjawab satu soal yang bikin penasaran itu. soo, jadi kalau beneran gak bisa, gak usah dikerjakan. Daripada minus satu..hehe
Tiap soal TPA dirancang dengan bobot nilai yang sama, jadi kamu gak perlu terlalu memaksakan untuk menjawab soal yang membuat anda penasaran.

5. Wawasan Dari Internet

Internet bukan hanya untuk Facebook, Twitter, dan E-mail, tapi juga bisa buat sarana pembelajaran yang sangat maju dan bisa menambah wawasan Anda semakin banyak.

So, semoga bermanfaat dan sukses selalu yang menghadapi SBMPTN.

Daftar juga melalui SNMPTN tahun ini.

3 komentar on Tips Menjawab Soal TPA SBMPTN :

Muficsld mengatakan... 15 Juni 2013 pukul 03.49

terimakasih ini sangat membantu :)

Unknown mengatakan... 6 Juni 2014 pukul 18.30

MAANTEEP BROOW ..sangat bermanfaat thanks

indo tralis mengatakan... 15 April 2015 pukul 07.39

Thanks bro atas informasinya...