Tips Menjawab Soal SBMPTN

Share on :
Tips Menjawab Soal SBMPTN Tipe Pilihan 1, 2, 3, 4

Kelas XII SMA adalah waktu dimana merasakan sebuah perjuangan yang super dasyat. Selesai menempuh ujian nasional, masih ada hal yang perlu disipkan lebih matang karena menyangkut masa depan yaitu masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sekarang SBMPTN dan waktu dulu SNMPTN jalur tertulis. Test SBMPTN ini bisa untuk pendaftaran alumni-alumni yang dulu npernah gagal mengikuti SNMPTN.


So, gak berbelit-belit deach. Pintar saja belum cukup untuk menjawab soal-soal SBMPTN nanti. Perlu strategi untuk menjawab soal-soal agar bisa diterima di PTN yang kita inginkan. Ada banyak soal yang diujikan nanti pada SBMPTN. Jadi kamu harus memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikannya. Saya berbagi un tuk menyelesaikan soal tipe pilihan 1, 2, 3, dan 4. Bentuk soal ini sangat memakan waktu kita dalam mengerjakan SBMPTN nanti. Jadi Tips untuk mengerjakannya adalah sebagai berikut. Simaklah dan pahami dari soal dan langkah-langkah untuk menjawabnya.

Jika soal berbentuk pilihan 1, 2, 3, 4 maka pilihlah:
( A ). Jika pernyataan 1,2, dan 3 benar.
( B ). Jika pernyataan 1 dan 3 benar.
( C ). Jika pernyataan 2 dan 4 benar.
( D ). Jika pernyataan 4 saja yang benar.
( E ). Jika semua pernyataan benar.





Langkah terpendek untuk menjawab tipe soal diatas adalah sebagai berikut:
  • Cek kebenaran untuk pernyataan 4 terlebih dahulu. Jika ini benar kemungkinan jawabannya (C), (D) atau (E). Namun jika pernyataan 4 salah maka pilihannya adalah ( A ) dan ( B). Untuk itu lanjutkan dengan mengececk kebenaran pada pernyataan ke 2.

  • Cek pernyataan ke2. Apa bila pernyataan 4 dan 2 benar, maka kemungkinan jawaban adalah ( C ) atau ( E ). Kalau pernyataan ke 4 benar dan pernyataan 2 salah, Sudah pastinya pilihan adalh ( D ). Sedangkan kalau pernyataan 4 salah dan 2 benar, kemungkinan jawaban ( A ) atau ( B ). apabila pernyataan 4 dan 2 salah maka sudah pasti jawabannya adalah ( B ).

  • Ceck sekali lagi pernyataan 1 atau 3 ( salah satu saja ). Apabila 4, 2 ( 1 atau 3 ) Benar , maka sudah pasti jawabannya adalah ( E ). Apabhila 4 benar, 2 benar, ( 1 atau 3 ) salah, Sudah pasti jawabannya ( C ). Apabila 4 salah, 2 benar, ( 1 atau 3 ) benar maka jawabannya adalah ( A ).
Mungkin bagi anda yang lebih kreatif dari saya atau cara lain yang lebih cepat, boleh share dan coment di bawah. Supaya bermanfaat buat teman-teman.

12 komentar on Tips Menjawab Soal SBMPTN :

Unknown mengatakan... 31 Mei 2013 pukul 21.52

saya masih bingung dengan pernyatan diatas -_-

Putra anggara mengatakan... 4 Juni 2013 pukul 18.51

Saya masih bingung pertanyaan di atas?

Unknown mengatakan... 16 Juni 2013 pukul 23.18

sama saya juga :D

Unknown mengatakan... 16 Juni 2013 pukul 23.18

sama saya juga :D

baracuda mengatakan... 17 Juni 2013 pukul 03.04

apalagi saya

F.A. Akbar mengatakan... 24 Juni 2013 pukul 08.53

intinya jika pernyataan benar opsi benar, jika pernyataan salah maka posi yg lain yg benar, jika ada lebih dri 1 opsi, maka lakukan seleksi seperti sebelumnya.

moga ngebantu

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 01.36

sya belum begitu jelas

Unknown mengatakan... 19 April 2014 pukul 20.00

saya juga masih bingung ngerjainnya udah 2 to dan hasilnya rendah passing grade saya :( mohon saran

isman mengatakan... 30 Mei 2014 pukul 09.14

sayaa jugaaaaa

Unknown mengatakan... 3 Juni 2014 pukul 05.34

saya blom paham

Gilang. A mengatakan... 13 Juni 2014 pukul 07.46

Saya amat sangat paham. terima kasih mas, semoga saya diterima di ITB

Anonim mengatakan... 16 Juni 2014 pukul 01.26

saya mengerti ini amat sangat efektif makasih untuk infonya :)