Mengarjakan SBMPTN dengan Pensil 2B

Share on :
Kenapa Harus 2B...??

Seperti kita ketahui, LJK (Lembar Jawab Komputer) ini akan diperiksa menggunakan alat bantu berupa komputer. Alat ini akan membaca LJK SBMPTN ini dengan sendirinya yang sering disebut scantron. Mengikuti perkembangan teknologi Scantron pun berkembang menjadi semakin canggih. Sistem Scantron ini memiliki teknologi yang sangat tinggi, dimana alat ini menggunakan sensor gambar dan algoritma pengolahan gambar ygsangat canggih. Scantron ini bahkan dapat mebedakan bulatan jawaban hanya dari pembacaan bulatan mana yangmemiliki goresan yang paling tebal. Jadi jika mengisi bulatan jawaban pada LJK akan ditemtukan mana yang paling gelap pada baris jawaban tersebut. Bahkan Scantron ini dapat membaca jawaban dari kedua sisi LJK SBMPTN tersebut. Sangat canggih bukan..!!

Tapi, di Indonesia masih banyak yang pakai mesin Scantron model awal yang jelas kalah kecanggihannya dengan model Scantron yang sekarang. Mesin Scantron kuno tersebut bekerja membaca tandapensil pada LJK dengan cara menyinari cahaya melalui kertas jawaban dan kemudian akan dibacaoleh alat yang dinamakan Phototube.

Agar jawaban SBMPTN dapat dibaca secara sempurna oleh Scantron, maka salah satu alat yang aman digunakan adalah pensil 2B. Mengapa harus pensil..?? Karena pertama pensil memberikan kesempatan untuk mengoreksi atau mengganti jawaban padda LJK SBMPTN andda. Beda dengan bolpoin yang tidak akan bisa dihaup kecuali merusak LJK SNMPTN anda. Selain itu grafit pada pensil bekrja dengan baik untuk menghalangicahaya penyinaran dari mesin Scantron tersebut dari pada menggunakan bolpoin..

Lalu Mengapa Harus Pakai Pensil 2B..??

SBMPTN | Tentang SBMPTN | Berita SBMPTN | Tips Mengerjaka Soal SBMPTNHal ini dikarenakan oleh sifat pensil 2B yang grafis dan sangat gelap sehingga bisa menghalangi terang cahaya. Jika menggunakan pensil H atau HB, warna hitam yang dihasilkan tidak sempurna atau bersifat buram, dan susah dibaca dengan mesih Scantron kuno ini. Pensil 3B atau di atasnya mungkin akan bekerja dengan lebih baik, karena mereka lebih gelap daripada 2B. Tapi sanyangnya mereka juga dapatdengan mudah menyebabkan noda di LJK SBMPTN, bila tidak sengaja tergosok dengan tangan akan mengakibatkan LJK ktor dan hitam. Dan hal tersebut dapat mengakibatkan kefatalan karena bisa membuat kesalahan pembacaan pada mesin Scantron.
So, pensil 2B lah yang tepat dari perpaduan tingkat kegelapan dan kekerasan dari inti grafit untuk memblokir atau menghalangi pencahayaan secara efektif dan sempurna, dan juga tidak terlalu menyebabkan banyak coretan lain yang tidak disadari.

1 komentar:

Unknown mengatakan... 4 Juni 2013 pukul 07.46

makasih infonya