Beberapa Progdi di Undip dapat Lintas Jurusan

Share on :
Prof.Dr.Ir. Mukh. Arifin, M.Sc menuturkan, untuk siswa yang ingin mendaftar SNMPTN 2014 di Universitas Diponegoro secara lintas jurusan diperbolehkan untuk beberapa prodi. Namun, diharapkan tetap ada pendaftaran sejalur yang berarti bahwa siswa jurusan IPA saat di SMA diharapkan memilih program studi (prodi) kelompok Saintek, sedangkan siswa yang dari jurusan IPS diharapkan memilih prodi kelompok sSoshum.

Dengan kata lain, kata Prof Arifin, semua rogram Studi dari soshum dapat diikuti oleh jurusan IPA dan IPS namun untuk beberapa Program Studi Saintek mengijinkan pendaftar dari lintas jurusan seperti matematika, biologi, kimia, fisika, statistika, teknik informatika dapat juga diikuti oleh jurusan IPS. Ditambahkan, Undip melakukan hal tersebut guna menampung keinginan dari masyarakat yang ingin kuliah di prodi impiannya dan di SMA justru memiliki jurusan yang berbeda.

Namun pihaknya, menganjurkan pendaftar agar sejalur saja karena hal ini akan berkaitan dengan proses belajar di bangku kuliah nantinya tidak mengalami kesulitan berarti. Prof Arifin menambahkan, diharapakan siswa yang mendaftar memperhatikan apakah program studi yang dipilih mensyaratkan ketentuan fisik tertentu atau tidak.

Misilnya, program studi yang mensyaratkan tidak boleh buta warna seperti Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Biologi, Kimia, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan. Kemudian, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan, Oseanografi, Peternakan, Teknologi Pangan,Agroekoteknologi, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan, Teknik Geodesi, Teknik Geologi,Sistem Komputer dan ilmu perpustakaan.

Disebutkan, setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN dan apabila memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Selain itu, apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.

Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Selain SNMPTN, kata Prof Arifin, Undip juga akan membuka pendaftaran masuk melalui SBMPTN,UM S1 dan UM D3. Jadi diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan jalur penerimaan ini sebaik-baiknya.

1 komentar:

Nurlajnnta mengatakan... 28 Februari 2015 pukul 17.46

saya mau tanya,saya saat ini di jurusan ipa tapi saya di SNMPTN ingin mendaftar prodi ilmu komunikasi boleh lintas jalur atau tidak? terimakasih,ditunggu jawabannya