Pendaftaran SNMPTN Gratis alias Tidak Dipungut Biaya

Share on :
Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sucipto Hadi Purnomo MPd menuturkan, semua pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Menurutnya, SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Ditambahkan, walaupun pada SNMPTN semua pendaftar dibebaskan dari segala biaya, pada pendaftaran SBMPTN nanti peserta dikenai biaya.

Menurutnya, untuk tahun ini bakal lebih murah karena adanya subsidi dari pemerintah pusat, sedangkan seleksi mendiri, biaya pendaftaran bergantung pada ketentuan tiap-tiap perguruan tinggi. Unnes sendiri akan menerima mahasiswa baru sebanyak 3.338 orang dari jalur pendaftaran SNMPTN 2014. Adapun tahun akademik 2014/2015 mendatang Unnes akan menerima mahasiswa baru sebanyak 6.340 orang.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman menyampaikan, sebagian besar mahasiswa Unnes akan diterima lewat SNMPTN, jalur non tes atau sebelumnya disebut jalur undangan. Dikatakan, lewat SNMPTN, Unnes akan menerima 3.338 mahasiswa atau 55% dari kuota keseluruhan. Sisanya, 2.199 orang (35%) melalui SBMPTN dan 693 orang (10%) lewat seleksi mandiri.

1 komentar:

Anonim mengatakan... 10 Maret 2014 pukul 20.45

Ada yang baru. Federasi Serikat Guru Indonesia bersama sejumlah LSM lainnya akan menggugat Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ganjar Kurnia. Terungkap dalam website iyaa.com bahwa gugatan ini menyusul pengabaian somasi atas peraturan yang melarang penyandang disabilitas ikut serta dalam SNMPTN. Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia, Retno Listyarti mengatakan, gugatan tersebut dalam bentuk perdata karena dengan aturan tersebut berdampak terhadap kerugian secara material dan immaterial terhadap penyandang disabilitas.