SNMPTN, Sepuluh Ribu Siswa Pilih ITS

Share on :
Menjelang penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014, tercatat lebih dari 10 ribu siswa memilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat hingga menjelang pendaftaran ditutup.

Menurut Humas SNMPTN dari ITS Dr. Ismaini Zain, hingga 16 Maret, tercatat ada 10.415 siswa menempatkan ITS sebagai pilihan dalam SNMPTN. Dari jumlah ini, 9.144 merupakan pendaftar non-Bidik Misi dan 1.271 pendaftar Bidik Misi.

"Kuota ITS sudah terlampaui untuk semua jurusan. ITS hanya memiliki kuota 1.700 pendaftar," kata Ismaini, seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/3/2014).

Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Hubungan Alumni ITS mengimbuhkan, tidak hanya melampaui kuota, persaingan di tiap jurusan ITS juga cukup ketat. Di jurusan statistika saja, persaingannya mencapai 1:10. Sedangkan teknik informatika memiliki rasio 1:13.

"Masih ada beberapa jurusan yang longgar persaingannya. Misalnya, rasio persaingan pada Desain Interior dan Desain Produk adalah 1:2," imbuhnya.

Menurut Ismaini, ke-10.415 pendaftar tersebut datang dari SMA, MA dan SMK. Secara rinci, 6.387 siswa SMA, 2.507 siswa SMK, dan 700 siswa MA.

Dia optimistis, hingga akhir masa pendaftaran jumlah peminat ITS akan bertambah hingga tiga kali lipat. Dengan kata lain, mencapai 30 ribu siswa.

"Meski mahasiswa yang diterima hanya 1.700 orang lewat jalur SNMPTN, sisanya dengan jumlah yang hampir sama kami terima lewat jalur lain," tuturnya.

0 komentar on SNMPTN, Sepuluh Ribu Siswa Pilih ITS :