Kiat-kiat agar Lolos SNMPTN & SBMPTN

Share on :
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang berbeda dengan tahun lalu, perlu dipahami oleh para calon mahasiswa. Begitu juga pemilihan program studi dan kiat-kiat untuk bisa menembus kursi di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN).



“Pemahaman dan kesesuaian pemilihan program studi dengan kemampuan dan minat, menjadi kunci sukses melangkah ke PTN,” ujar Ketua Forum Komunikasi Sekolah dan Alumni SMA Negeri 8 Jakarta, Dr Hasahatan Manullang saat memberikan sambutan dalam pembukaan seminar setengah hari bertema “Jalan Menuju PTN 2013 – Begin Your Succes Today”, di hall Gedung Smesco Jakarta, Senin (4/2/2013).
Seminar yang diikuti tiga ribu peserta baik siswa SMA kelas XII dan para orang tua, menghadirkan pembicara dari UI, UGM, Unair, ITS, Brawijaya, dan Unpad.

Tips lulus snmptn jalur undangan, Hasahatan mengatakan, alumni SMAN 8 Jakarta mempunyai tanggung jawab moral untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada peserta didik yang mengikuti bimbingan di BTA Group dari berbagai SMA, guna memudahkan mereka memilih dan bisa lolos seleksi di PTN yang semakin ketat .
“Karena itu kita menghadirkan langsung para pimpinan universitas dan institut yang bertanggung jawab dalam proses seleksi.Bahkan peserta bisa berinteraksi langsung menanyakan banyak hal, mulai persaiangan, program studi, fasilitas, dan juga biaya kuliahnya,” kata Hasahatan.
Sementara Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta Hj. Nahdiana mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan kegiatan yang digelar para alumni ini. Sebab sistem dan juga lika-liku seleksi masuk PTN ini memang harus dipahami para siswa kelas XII agar mereka mudah menentukan pilihan PTN dan program studinya.
“Keseriusan para siswa dan pendampingan yang berkelanjutan dari alumni dan BTA, membuahkan hasil maksimal. Setiap tahun, siswa SMAN 8 Jakarta yang diterima PTN, lebih 94,27 persen,” ungkap Nahdiana.

Kiat-kiat agar Lolos SBMPTN
Sementara Ketua Bidang Seleksi dan IT Panitia SNMPTN 2013 Herry Suhardiyanto yang membuka seminar ini mengatakan, program jalur undangan untuk SNMPTN merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap proses belajar yang sudah dilalui siswa. Selain itu jalur undangan memberikan kepercayaan penuh kepada guru dan sekolah untuk membimbing dan memberikan penilaian yang seharusnya terhadap hasil belajar siswa.
Herry yang juga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengatakan, seleksi melalui undangan lebih adil ketimbang jalur ujian tertulis karena semua siswa dari sekolah manapun dan akreditasi apapun berkesempatan mendaftar masuk ke PTN yang mereka inginkan. Jalur undangan ini dinilainya memberikan kesempatan besar kepada siswa kelas XII untuk membuktikan hasil belajar dan evaluasinya selama tiga tahun di bangku SMA.
source  : http://www.tribunnews.com/2013/02/04/calon-mahasiswa-perlu-pahami-kiat-kiat-agar-lolos-snmptn

0 komentar on Kiat-kiat agar Lolos SNMPTN & SBMPTN :