Manfaatkan Waktu Untuk Masuk PTN Idaman Mu

Share on :
Setiap siswa tentunya setelah lulus sekolah ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang di favoritkan, Seperti di ITB, UGM, UI, IPB maupun UNS. Tapi terkadang setiap keinginan mereka tidak dihendaki dengan kemauan yang tinggi.

Mereka menganggap bahwa setelah UN adalah hari-hari yang bebas dari jeratan hidupnya, atau mungkin hari libur panjang yang di gunakan untuk menghilangkan penat setelah menjalani UN. Padahal mereka belum selesai menghadapi ujian hidup yang sesungguhnya, UN hanya tahap awal untuk melahkah ke jenjang hidup yang sesungguhnya.


Seperti melewati ujian untuk masuk PTN atau tes untuk mencari pekerjan. Banyak dari mereka yang menghabiskan waktunya setelah UN dengan bermain dengan keluarga,teman, bahkan pacarnya yang telah jauh hari telah di rencanakannya.

Jika kita berpikir lebih rasional, hari libur itu adalah kesempatan kita untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita untuk masuk PTN yang di idam-idamkan. Karena di hari libur setelah UN kita di untungkan dengan bisa belajar pada fokus satu tujuan yaitu fokus untuk masuk PTN.

Walaupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sekarang sudah memberlakukan SNMPTN bisa diikuti semua siswa tapi itu bukan berarti kita bisa berleha-leha denga semua itu. Karena di SNMPTN tidak menjamin kita akan diterima di PTN favorit yang di idam-idamkan sebelumnya.

Maka dari itu alangkah baiknya memanfaatkan waktu setelah UN untuk masuk PTN. Saya akan memberikan sedikit tips mengisi liburan setelah UN untuk masuk PTN, berikut tips dari saya:

 a. Ikuti bimbingan belajar yang ada di sekitar kota kalian.

Biasanya setiap kota terdapat beberapa bimbingan belajar (bimbel) yang membuka untuk pengkhususan masuk PTN. Hal ini adalah peluang besar kita untuk mewujudkan mimpi masuk PTN favorit di Indonesia ini. Karena dalam bimbingan belajar biasanya siswa-siswa di biasakan untuk menghadapi soal-soal tes untuk masuk PTN.

b. Banyak ikuti try out (TO) khusus untuk masuk PTN.

Setelah UN biasanya banyak dari pihak perguruan tinggi atau organisai kemahasiswaan yang membuka try out masuk PTN. Ini adalah cara agar kita terbiasa dengan soal-soal masuk PTN, dengan mengikuti try out-try out ini kita akan terbiasa mengisi soal yang akan disajikan dalam tes masuk perguruan tinggi nanti. Tak hanya itu, dalam try out ini kita sudah terbiasa menghadapi atmosfer-atmosfer mengahadapi pesaing kita di SBMPTN nanti. 

c. Belajar dari soal-soal tahun kemarin.

Biasanya soal-soal kemarin di terbitkan di media massa atau media internet. Ini adalah peluang besar kita untuk mengisi liburan penuh dengan kebermanfaatan.

Dengan cara ini kita bisa belajar dari soal-soal tahun kemarin tanpa mengeluarkan biaya yang cukup tinggi, hanya membeli pulsa untuk internet atau mengeluarkan sedikit uang jajan untuk membeli koran atau majalah yang berisikan soal-soal tahun kemarin.
Selain hemat, kita bisa sembari belajar sambil menghabiskan waktu dengan keluuarga. Sedikit tips dari saya untuk mengisi waktu liburan dengan memanfaatkan waktu liburan untuk belajar demi menghadapi masuk PTN. Semoga kalian bisa lebih memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang lebih positif agar mimpi dan cita-cita masuk PTN favorit bisa terwujud. Aminnnnn. Manfaatkan waktu kalian untuk masuk PTN!!


0 komentar on Manfaatkan Waktu Untuk Masuk PTN Idaman Mu :